Sejarah dan Biografi Pendiri Mbah Google

Dunia seakan-akan tak bisa dilepaskan dengan dunia internet, yang serba tahu dan apapun yang kita cari pasti ada di dalamnya. mulai dari dunia pendidikan, kesehatan, makanan, wisata, sampai pada pembahasan-pembahasan yang khususpun ada di dunia maya yang kita sebut internet ini.

Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menciptakan mesin pencari yang diaplikasikan di internet, salah satunya adalah www.yahoo.com dan www.google.com mereka merupakan rajanya mesin pencari, yang dipakai diseluruh dunia. Penggunanyapun tak main-main anak-anak sekolah jenjang Sekolah Dasar hingga orangtua yang lanjut usiapun memakai mesin pencari ini. Dahsyat memang.

Siapa sih yang tidak mengenal dan mengerti mereka, yahoo dan mbah google, pasti tahu semua, kita mencari referensi apapun ada disitu, seakan-akan kita dimanjakan dengan dunia maya ini. Namun, sebagai seorang pengguna yahoo dan google apakah kalian tahu sejarahnya? bagaimana si sebenarnya sejarah mbah google ini sebagai raja mesin pencari. Ayuh kita sama-sama baca.

Google sendiri adalah sebuah mesin pencari yang didirikan di Amerika Serikat, Perusahaannya diberi nama Google yang juga dipakai dalam nama mesin pencari iu sendiri yakni google. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 7 September 1998 atas nama Google.Inc (Nasdaq: Goog) yang pada waktu itu didirikan di sebuah garansi milik teman dari pendirinya ini yang lokasinya berada di Menlo Park California. Kemudian karena alasan tertentu pada Februari 1999 perusahaan ini pindah lagi, namun sudah di kantor yakni di 165 University Ave, Palo Alto, California. Ternyata kepindahannya itu tidak tahan lama, kantor google kembali pindah di akhir tahun 1999 dan menempati kantor Googleplex di Mountain View, California hingga saat ini, kantor Googleplex ini dijadikan sebagai kantor pusatnya mbah google.

Sebagai rajanya mesin pencari yang secara otomatis populer, google setiap harinya menerima permintaan untuk mencari hal-hal tertentu hingga 200 juta permintaan pencarian (menakjubkan sekali). Tak hanya Google anak asuh google yakni Amerikan Online (AOL) juga ikut membantu google menembus 200juta permintaan pencarian tersebut.

Lahirnya pemikiran mengenai mesin pencari google ini didasari oleh sebuah teori yang di gagas oleh dua mahasiswa yang bertitle Ph.D Universitas Standford yakni Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996. Teori tersebut mengemukakan bahwa sebuah mesin pencari yang berdasarkan analisis matematika hubungan antar situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik dari pada menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang digunakan waktu itu. Sistem  yang ditemukan kedua mahasiswa ini dulunya diberi nama Backrub karena dalam sistem kerjanya menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa pentingkah sebuah situs.

Mereka berkeyakinan bahwa sebuah halaman yang paling banyak link-link menuju halaman tersebut merupakan halaman yang paling relevan. Kemudian Page dan Brin berusaha untuk mencoba tesis mereka sebagai bagian dari proses pendidikan yang mereka tempuh. Hal inilah yang menjadi benteng dasar pondasi mereka dalam mendirikan Google.Inc yang kini namnaya besar sebagai raja dari mesin pencari.

Keunggulan google sendiri yang menjadi dasar para pengguna internet meggunakan mesin pencarinya yakni google memiliki tampilan yang sangat sederhana bagi para pengguna internet, karena tampilan yang sederhana inilah para pengguna internet mudah dalam mengaplikasikan mesin pencari google. Kemudian, Hasil yang kita cari juga relevan, tidak menyimpang ke pencarian-pencarian yang lainnya. Iklan dijual berdasarkan kata kunci sehingga menjadi semakin relevan bagi para penggunanya, dan iklan-iklan yang ditampilkan hanya menggunakan teks-teks saja sehingga tampilannya tidak terkesan ambruladul dan acak-acakan dalam loadingnyapun akan menjadi lebih ringan dibandingkan iklan yang menggunakan gambar. 

Konsep penjualan iklan ini diawali oleh overtune yang dahulu bernama GoTo.com, pada saat perusahaan dotcom kebanyakan bangkrut google menjadil hubungan secara sembunyi-sembunyi dan semakin memperkuat hubungan yang berdampak pada pendapatan yang besar yang dihasilkan oleh google sendiri.

Hak paten diberikan Amerika pada Bulan September 2001 yakni mengenai mekanisme pemeringkatan Google atau biasa yang kita kenal dengan Pagerank. Hak paten ini diberikan  secara resmi kepada Leland Standford University yang mencantumkan nama penciptanya yakni Lawrence Page.

Pada Februar 2003, Pyra Labs dibeli Google, Pemilik Blogger, yakni sebuah situs web pionir dan pemimpin hosting web blog. Hal ini berpengaruh pada akuisi misi Google yang tidak konsisten, namun, akuisi ini membuat google menggunakan informasi-informasi dan posting blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi artikel di GoogleNews. 

Awal 2004 merupakan masa dimana Google mengawali kejayaan sebagai mesin pencarian. Hampir 80 persen permintaan pencarian dari seluruh dunia ditangani oleh mbah Google ini. Tentunya dengan klientnya seperti yahoo!, AOL, CNN, dan Share Google turun semenjak yahoo! melepaskan teknologi pencarian google pada Februari 2004 tujuannya supaya Yahoo! dapat menggunakan mesin pencarian mereka secara independent. 

Adapun data mengenai biografi kedua pendiri Google adalah sebagai beikut.

1. Larry Page

Larry Page mendapatkan gelar Sarjana Teknik dari Universitas Michigan, Ann Harbor, dan magister ilmu komputer dari Universitas Stanford. Beliau adalah anggota Komite Penasihat Nasional (National Advisory Committee – NAC) di Fakultas Teknik Universitas Michigan, dan bersama dengan pendiri-bersama Sergey Brin, Larry dianugerahi Marconi Prize pada tahun 2004. Beliau adalah wali dewan X-PRIZE, dan dipilih untuk masuk National Academy of Engineering (Akademi Teknik Nasional) pada tahun 2004.

Kedudukan di Google Larry Page adalah Sebagai Direktur Utama (CEO) Google, Larry bertanggung jawab atas operasi keseharian Google, serta memimpin pengembangan produk dan strategi teknologi perusahaan. Beliau mendirikan Google bersama Sergey Brin pada tahun 1998 saat menempuh pendidikan Ph.D. di Universitas Stanford, dan merupakan CEO pertama hingga tahun 2001—mengembangkan perusahaan yang mempekerjakan hingga lebih dari 200 pegawai dan mampu menghasilkan laba. Sejak tahun 2001 hingga 2011, Larry menjabat sebagai president of products.
2.  Sergey Brin
Sergey Brin mendapatkan gelar sarjana dengan pujian dalam bidang matematika dan ilmu komputer dari Universitas Maryland di College Park. Saat ini beliau sedang cuti dari program Ph.D. ilmu komputer di Universitas Stanford, tempat beliau mendapatkan gelar magisternya. Sergey adalah anggota National Academy of Engineering (Akademi Teknik Nasional) dan penerima National Science Foundation Graduate Fellowship (Beasiswa Lulusan Yayasan Sains Nasional).

Sergey Brin turut mendirikan Google Inc. pada tahun 1998. Sekarang, beliau memimpin proyek-proyek khusus. Sejak tahun 2001 hingga 2011, Sergey bertindak sebagai president of technology, yang berbagi tanggung jawab atas operasi keseharian perusahaan bersama Larry Page dan Eric Schmidt.
 
 
Nah, begitu kiranya mengenai Sejarah dan Boigrafi pendiri Google, semoga dapat menginspirasi kita mengenai usaha yang kita tekuni agar jangan mudah menyerah. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam GuruNgapak.

4 Responses to "Sejarah dan Biografi Pendiri Mbah Google"

  1. keren banget buat penemu google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bisa jadiin inspirsi dalam membangun suatu usaha. apalagi kita sebagai anak muda masih butuh banyak mencoba dan tidak takut akan sebuah kegagalan.

      Delete
  2. Panjang juga ya gan sejarahnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar lengkap dalam memberikan informasi mas..hehe

      Delete

Terimakasih sudah bersedia berkunjung. Semoga bermanfaat. Silahkan tulis komentar anda di papan komentar. Komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan artikel-artikel selanjutnya.