Langkah Mudah Membuat Karangan Argumentasi

Pembahasan kali ini membahas mengenai langkah membuat karangan argumentasi. Seperti halnya artikel yang lalu bagi yang selalu mengikuti postingan di GuruNgapak pastilah sudah mengetahui beberapa postingan yang membahas mengenai karangan, yakni postingan yang berjudul langkah mudah membuat karangan dekripsi, langkah mudah membuat karangan narasi, langkah mudah membuat karangan eksposisi, langkah mudah membuat karangan persuasi dan yang sekarang yakni langkah mudah membuat karangan argumentasi.

Kenapa langkah mudah? karena jika kita cermati dan mengikuti langkah-langkah dalam postingan ini maka kita mampu mempraktekannya dan menghasilkan suatu karangan, baik argumentasi, deskripsi, persuasi, narasi, maupun ekposisi. 

Karangan argumentasi memiliki pengertian yakni suatu karangan yang mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat dari penulis sendiri yang disertai dengan data yang nyata (fakta). Karangan argumntasi mengemukakan alasan, contoh dan bukti yang kuat sehingga karangan jenis ini dibandingkan dengan karangan yang lain tergolong dalam karangan yang susah untuk membuatnya.Karena harus adanya bukti, dan alasan yang meyakinkan pembaca untuk dapat menerima gagasan kita.Dengan kata lain, dalam karangan argumentasi harus disertai sanggahan atau bukti yang memperkuat sesuatu secara sedemikian rupa sehingga mempengaruhi pemikiran pembaca sehingga sependapat dengan penulis.  Berhasil atau tidaknya sebuah karangan argumentasi ditentukan oleh adanya pendapat dari penulis, keseluruhan data dan fakta maupun alasan yang dapat mendukung data penulis.

Karangan Argumentasi didalamnya pasti ditemukan adanya struktur informasi. Struktr informasi ini terdiri atas:
  • Pendahuluan, tujuannya adalah untuk menarik perhatian pembaca, dan memusatkan perhatian pembaca pada argumen yang akan disampaikan oleh penulis.
  • Tubuh argumen, tujuannya adalah untuk membuktikan kebenaran yang disampaikan dalam paragraf argumentasi, sehingga menghasilkan kesimpulan yang benar. 
  • Kesimpulan, tujuannya jelas sekali yakni untuk membuktikan pada pembaca sekalian bahwa kebenaran yang disampaikan melalui penalaran dapat diterima secara logis.
Kemudian, ciri karangan argumentasi sendiri adalah:
  • Mengemukakan alasan atau bantahan sedemikian rupa dengan tujuan mempengaruhi pembaca agar menyetujuinya.
  • Mengusahakan pemecahan suatu masalah, dan
  • Mendiskusikan suatu persoalan tanpa perlu satu penyelesaian
Hal yang menjadi intinya adalah bagaimana langkah-langkah pembuatan karangan argumentasi, berikut langkah-langkah mudah membuat karangan argumentasi:
1. Menentukan topik karangan
2. Menentukan tujuan pembuatan karangan argumentai
3. Mencari bahan yang dapat dikembangkandari topik yang telah dipilih. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan pembaca.
4.    Menyusun kerangka karangan berdasarkan topik dan tujuan yang telah ditentukan.

Beberapa hal yang penting saat membuat karangan argumetasi yakni:
1. Harus berpikir kritis dan logis
2. Mampu mencari, mengumpulkan, dan memilik fakta yang tepat sesuai dengan tujuan dan memang mampu    merangkainya sebagai bukti.
3. Menjauhkan emosi dan subjektivitas.
4. Gunakan bahasa yang baik dan benar, tidak menimbulkan makna ambigu dan tentunya harus efektif.

Untuk memperjelas dan memberikan gambaran mengenai karangan argumentasi, berikut di sajikan contoh karangan Argumentasi.


Kesuburan Tanah

Mempertahankan kesuburan tanah merupakan syarat mutlak bagi tiap-tiap usaha pertanian. Selama tanaman dalam proses menghasilkan, kesuburan tanah ini akan berkurang. Padahal kesuburan tanah wajib diperbaiki kembali dengan pemupukan dan penggunaan tanah itu sebaik-baiknya. Teladan terbaik tentang cara menggunakan tanah dan menjaga kesuburannya dapat kita peroleh pada hutan yang belum digarap petani.

Kesuburan tanah sangat berpengaruh terhadap kesuburan tanamanbagi para petani. Tak hanya baik bagi kesuburan tanah tapi juga akan memperbaiki kualitas dari tanaman sehingga akan mampu menghasilkan niali rupiah yang baik bagi petani.

Adopsi Anak Indonesia Oleh Orang asing, Mengapa Tidak ?

Sebuah survey dan studi perlu dilakukan untuk meneliti dampak sosial, budaya, dan psikologis dari praktek adopsiini sebelum orang-orang keburu menilai yang jelek-jeknya saja. Oleh karena itu, kalau kita memang ingin konsekuen menjadi bangsa yang berkepribadian yangmandiri, mungkin praktek-praktek seperti pinjaman dari luar negeri, penanaman modal asing, studi keluar negeri dan segala bentuk hubungan serta ‘produk’yang berbau luar negeri lebih baik dijauhkan. Hal ini tentu saja mustahil. kalau kita mau jujur tentang keberadan bangsa dan negara kita, kita ini sebenarnya masih jauh sekali dari impian mejadi negara yang mandiri, yang sejahtera dan mampu tampil sebagai negara yang menetukan di dalam percaturan dunia.

Prosedur pengangkatan anak yang benar dan bertanggung jawab akan diulai dengan mendeteksi keberadaan calon orang tua angkat, untuk memperolehdata mengenai kemungkinan jaminan kehidupan dan tunjangan pendidikan yang layak bagi anak yang akan diadopsi itu. Keinginan dan kerinduan untuk memelihara dan menyayangi anak itu sendiri pun dapat pula dipakai sebagai pegangan bahwa anak itu tidak akan ditelantarkan, apa lagi jika kita lihat kegigihan calon orang tua memperjuangkan ‘anak’ mereka selama ini. dengan kata lain, hari depan yang lebih cerah diajanjikan disana, dibandingkan jika anak-anak itu tetap tinggal disini. tentunya ini tidak berlaku bagi keluarga-keluarga yang mapan. Tetapi bagaimana dengan keluarga yang tidak mampu, yang broken home, anak-anak diluar nikah, serta ribuan anak lain yang tidak mempunyai jaminan masa depan yang cerah dinegeri sendiri? salahkah jika ada pihak asing yang denan tulus bersedia mengasuh mereka?

Adopsi anak Indonesia oleh orang asing seperti ini bukanlah pelarian tanggung jawab sosial di negara kita. Hal ini sebaiknya dipandang sebagai salah satualternatif pemecahan-pemecahan masalah-masalah besar yang kita hadapi, seperti peledakan jumlah penduduk, peningkatan kesejahteraan keluarga yang tidak mampu, serta perluasan kesempatanbagi sebagian anak untuk hidup lebih baik.

Dari hal-hal yang yang diuraikan diatas, agaknya dapatlah ditarikkesimpulan bahwa sebaiknya kita kita tidak terburu-buru menilai adopsi anak Indonesia oleh orang asing itu merupakan tindakan yang memalukan seluruh bangsa,dan oleh karena itu harus dicegah. perlulahkita mengadakan berbagai penelitian dan pemikiran kembali, karena sebenarnya dalam hal itu masih banyak terdapat hal-hal positif, yang justru membantu kita menyelesaikan beberapa masalah yang mendesak. ini, kalau kita mau sedikit jujur pada diri kita sendiri.

Begitulah pembahasan singkat mengenai poin-poin penting yang berhubungan dengan contoh dan langkah pembuatan karangan argumentasi. Semoga bermanfaat.
Salam GuruNgapak!

2 Responses to "Langkah Mudah Membuat Karangan Argumentasi"

  1. Dulu lagi sekolah SMP saya ada punya temen dia jago banget mengarang cerita-cerita lucu..sayang dia sudah almarhum..hhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berbakat ya mas, ya nnti mas Syahran yang meneruskan bisa membuat cerita-cerita seperti itu..hehe

      Delete

Terimakasih sudah bersedia berkunjung. Semoga bermanfaat. Silahkan tulis komentar anda di papan komentar. Komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan artikel-artikel selanjutnya.