Langkah Mudah Membuat Karangan Persuasi

Seperti pada postingan-postingan terdahulu, pada postingan kali ini kita akan membahas dan masih membahas seputar karangan, karena belum lengkap jadinya apabila tidak dibahas satu demi satu mengenai karangan. Lebih tepatnya mengenai bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat suatu karangan. Langkah-langkah ini yang memudahkan penulis untuk membuat suatu karangan yang menarik, runtut dan sistematis. Tanpa adanya langkah-langkah membuat karangan pastinya kita bingung bagaimana menyusunnya, bisa jadi karangan yang kita hasilkan tidak bermakna karena membahas begitu luas dan melenceng dari tema yang akan dibahas dalam suatu karangan. Oleh karena itu, disini akan dibahas mengenai langkah membuat karangan persuasi. 

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai langkah-langkah membuat karangan deskripsi, narasi, argumentasi dan eksposisi. Kali ini giliran langkah-langkah menyusun karangan pesuasi yang menjadi temanya. Pastinya sudah banyak yang mengetahui definisi dari karangan persuasi bukan? karangan yang dari zaman Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas bahkan jenjang perkuliahan juga masih ada. Jika lupa kita ingat-ingat lagi, jadi karangan persuasi memiliki pengertian sebuah karangan yang bertujuan untuk membujuk pembaca supaya mau melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan penulisnya. Meskipun demikian penulis harus mampu meyakinkan pembaca sekalian mengenai apa yang ditulis, dengan cara harus disajikan dengan data dan fakta, guna mendukung apa yang ingin disampaikan dalam suatu karangan persuasi.

Sesuai dengan tujuan paragraf persuasi sendiri yakni untuk mengajak atau mempengaruhi pembaca atau  pendengar, maka jelas sudah bagaimana penulis harus mampu membawa pembaca untuk melakukan sesuatu hal setelah membaca atau mendengar apa yang telah ditulis/diucapkan. 

Untuk memudahkan dan membedakan karangan persuasi dengan  karangan yang lainnya, disini akan disisipkan apa saja yang menjadi ciri dari karanagn ini. Baiklah, ciri-ciri karangan persuasi yakni:
  •  Menimbulkan rasa percaya atau ketertertarikan bagi pembaca/pendengar.
  • Memunculkan fakta yang tepat.
  • Menghindari konflik agar tujuan tercapai.
  • Bertolak paham bahwa manusia itu dapat diubah.
Itulah ciri dari karangan persuasi sendiri, sekarang kita masuk pada inti postingan ini yakni mengenai bagaimana langkah mudah membuat karangan persuasi itu. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:
1. Menentukan topik
Langkah yang pertama ialah menentukan topik, jadi topik apa yang akan diangkat dan dituangkan kedalam karangan persuasi. Topik sendiri merupakan suatu lingkup yang akan dibahas dalam karangan. Banyak sekali topik-topik yang biasanya digunakan dalam karangan ini misalnya kita ambil topik mengenai minuman keras, rokok, narkoba, dan lain sebagainya.

2. Tentukan tujuan karangan
Ya, benar sekali tujuan dari paragraf pesuasi sendiri yakni untuk membujuk pembaca agar mau melakukan apa yang telah dibacanya. Jadi, dalam hal ini kemampuan penulis dituntut untuk meyakinkan pembaca supaya apa yang dia tuliskan dapat dilaksanakan dan dijalankan dengan baik oleh pembaca sekalian. Kemampuan penulis dan kemahiran disini menjadi modal utama dalam membuat karangan persuasi.

3. Membuat kerangka karangan
langak selanjutnya yakni membuat kerangka karangan, setelah langkah pertama dan kedua dilakukan tentunya tinggal menyusun kerangka karangan, tujuannya tidak lain supaya hasil karangan dan tulisan kita runtut dan sistematis, sehingga pembaca mudah menyerap apa yang kita baca. Kerangka karangan biasanya menghubungkan dengan paragraf-paragraf sebab akibat, dimana ada sebab pastilah ada akibatnya. Mungkin ini yang menjadi patokan dalam membuat kerangka dan mengembangkan karangan persuasi.

4. Pengumpulan data
Pengumpulan data merupakan langkah yang paling penting disini, karena apa, karena dta dapat meyakinkan pembaca mengenai apa yang penulis utarakan, ada data yang mendukung maka ada solusi atau saran yang dapat penulis tuangkan lewat tulisan. Jangan pernah sekali-kali kita membubuhkan data palsu, itu sangat tidak dianjurkan dalam penulisan karangan persuasi, karena dapat menimbulkan ketidak percayaan pembaca dan bisa saja pembaca tidak menyukai penulis. Maka, gunakan data yang valid dan tidak mengada-ada.

5. Menyusun karangan 
Tiba diakhir langkah-langkah pembuatan karangan persuasi. Langkah terakhi ini membutuhkan kemampuan penulis dalam menyusun karangan yang benar-benar sesuai dengan topik, tujuan karangan, kerangka karangan, data-data dalam karangan yang digabungkan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.

Upaya dalam memperjelas penjelasan mengenai langkah-langkah penyusunan karangan persuasu maka dalam artikel ini saya sajikan bagaimana contoh karangan persuasi. Berikut contoh karangan persuasi.

Sistem Pendidikan Indonesia

Sistem pendidikan di Indonesia yang dikembangkan sekarang ini masih belum memenuhi harapan. Hal ini dapat terlihat dari keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia yang berada pada peringkat terendah di Asia Timur setelah Philipina, Thailand, Singapura, dan Hongkong.

Selain itu, berdasarkan penelitian, rata-rata nilai tes siswa SD kelas VI untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dari tahun ke tahun semakin menurun. Anak-anak di Indonesia hanya dapat menguasai 30% materi bacaan. Kenyataan ini disajikan bukan untuk mencari kesalahan penentu kebijakan, pelaksana pendidikan, dan keadaan yang sedang melanda bangsa, tapi semata-mata agar kita menyadari sistem pendidikan kita mengalami krisis.

Oleh karena itu, semua pihak perlu menyelamatkan generasi mendatang. Tidak hanya dari pemerintah sebagai penyedia sumber pendidikan, namun yang lebih penting adalah kesadaran dari berbagai pihak. Termasuk anak itu sendiri. Hal tersebut dapat memperbaiki sistem pendidikan nasional.

Kebudayaan Indonesia Harus Mulai Dijaga

Indonesia adalah negeri yang beraneka ragam. bangsa yang multikultur,banyak sekali kebudayaan yang tersebar dari ujung barat ampai ujung timur. Kebudayan nasional yang menjadi ciri khasbangsa khususnya.sebagai warga yang hidup di Indonesia, sebaiknya saat ini kita harus berpikir bahwa kebudayaan Indonesia mulai harus dijaga. Kenapa kebudayaanbangsa Indonesia harus dijaga? Ada beberapa faktor yang menyebabkan kebudayaan Indonesia harusdijaga. Diantaranya, banyak orang yang tidak mengenal budayanya sendiri.

Keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia lebih banyak menyebabkan seseorang malas untuk mengetahui bahkan untuk mengenalnya. sehingga tak heran jika ada orang yang tidak tahu tentang kebudayaan Indonesia. Bahkan dia sempat aneh dan terheran-heran jika melihat tari kecak misalnya atau mendengarkan lagu soleram. karena dia tak pernah mengetahuinya dan memang tak pernah mau tahu.

Tak hanya itu, globalisasi atau medernisasiyang terjadi pada dunia saat ini mempunyai pengaruh besar terhadap kelestarian budaya Indonesia. Melalui modernisasi kebudayaan dengan mudah kebudayaan asing dapat masuk ke Indonesia. Dan memang tidak mengherankan, kita bisa lihat dengan jelasdari beberapa media, kebudayaan asing telah merambah luas ke seluruh penjuru nusantara. Kebudayaan-kebudayaan asing ini ternyata lebih mudah membudaya dari pada kebudayaan asli yang sudah ada. Contohnya saja dalam cara berpakaian, kita lebih sering mengikuti orang-orang di luar sana untuk cara berpakaian.

Dengan masuk dan berkembangnya budaya asing ke Indonesiamembuat kebudayaan-kebudayaan daerahtersingkir. tak jarang banyak kebudayaan daerah yang tidak lagi dimunculkan atau malah dapat dikatakan menghilang. Kebudayaan-kebudayaan daerah ini mulai meredup setelah kedatangan kebudayaan asing. Seperti ayang yang sekarang jarangsekali kita dapat menyaksikan pertunjukanwayang secara langsung. Atau tari jaipongyang benar-benar asli, karena yang sering kita lihat adalah tari jaipong yang sudah banyak mengalami perubahan.

Generasi muda Indonesia pun ternyata lebih menyukai kebudayaan asing. Mereka kurang mencintai kebudayaannya sendiri, bahkan ada yang menganggapnya kampungan. Terlihat bahwa generasi muda sekarang lebih bergaya hidup hedonistikatau gaya hidup penuh hura-hura. Generasi muda saat ini lebih menyenangi kebebasan tanpa batas daripada kebebasan dengan batasan norma. Musik yang mereka dengarkan bukn lagi gending karismen atau tanjidor tapi musik yang mereka dengarkan adalah house music atau musik DJ, R&B, Hip-hop, metal dan lain-lain. Tarian mereka bukan lagi jaipongan, kecak, atau pendet tapi tarian mereka dengarkan adalah modern dance, break dance dan lain-lain.

Oleh karena itu, memang sudah saatnya kita sebagai orang Indonesia umumnya dan sebagai generasi muda terpelajar khusunya, harus mulai berpikir untuk menjaga kebudayaan Indonesia. Karena kebudayaan Indonesia adalah ciri khas bangsa Indonesia yang menjadi kebanggaan tersendiri dari bangsa Indonesia. Masyarakat dan pemerintah adalah pelaku sentral dalam proses pelestarian kebudayaan nasional.

Kebudayaan indonesia sebaiknya kita pelihara, kita juga dan kita lestarikan bersama-sama. Jangan sampai kita kehilangan budaya kita sendiri. Marilah kita sama-sama menjaga kebudayaan Indonesia agar jangan sampaiterkubur dan hanya menjadi sejarah anak cucu kita di masa yang akan dating. Marilah kita bersama-sama menjaganya!
Begitulah pembahasan singkat mengenai contoh dan langkah-langkah mudah membuat karangan persuasi, semoga dapat bermanfaat dan menambah kemampuan kita dalam hal tulis menulis. Jangan lupa baca juga langkah-langkah mudah membuat karangan deskripsi, langkah mudah membuat karangan narasi, langkah mudah membuat karangan eksposisi. 

Salam GuruNgapak!

0 Response to "Langkah Mudah Membuat Karangan Persuasi"

Post a Comment

Terimakasih sudah bersedia berkunjung. Semoga bermanfaat. Silahkan tulis komentar anda di papan komentar. Komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan artikel-artikel selanjutnya.