Penemuan orang Indonesia yang diakui dunia

Guru Ngapak- Indonesia adalah salah satu negara yang tidak boleh diremehkan. Indonesia memiliki banyak kelebihan yang telah diakui dunia internasional, Kelebihan Negara Indonesia akan saya fokuskan disini khusunya mengenai karya-karya anak bangsa yang diakui dunia Internasional dan bahkan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari hingga sekarang. Baiklah, simak karya-karya anak bangsa yang membanggakan ini.
 

1. Metode Sosrobahu

Sistem pembuatan penyangga jalan layang secara sejajar dengan jalan yang akan dibuat, dan dapat diputar dengan mudah bila akan digunakan. Sistem ini sangatlah menghemat tempat dibanding dengan jalan biasa yang melekat di tanah. Kelebihannya jelas sekali karena tidak banyak makan tempat maka potensi untuk macet akan semakin berkurang karena jalan layang ini bisa dibuat di atas jalan pada umumnya. Penemu jalan Layang atau jalan Sosrobahu ini adalah orang Indonesia yang bernama Tjokorda raka Sukawati. HAsil karyanya dipakai di banyak negara, termasuk Jepang, Amerika, Belanda, dan negara lain.

2. Pondasi Cakar Ayam

Penemu pondasi cakar ayam ialah Prof. Ir. Sudiyatmo, beliau merupakan lulusan ITB angkatan 1934 yang berhasil menemukan pondasi cakar ayam pada tahun 1962. Sistem pondasi ini sangat memungkinkan untuk pembangunan bangunan di suatu tanah yang labil seperti landasan pacu dan bandara Soekarno Hatta dan banyak bangunan lain di seluruh dunia yang telah menggunakan konesp pondasi cakar ayam penemuan beliau ini.

3. Teori keretakan pesawat.

Siapa lagi penemunya jika bukan BJ. Habibie mantan presiden Indonesia yang ke-3 yang telah menemukan penemuan besar mengenai pesawat terbang yakni teory, faktor dan metode Habibie. penemuannya ini tealah banyak digunakan untuk pembuatan pesawat terbang yang canggih di seluruh dinia. Dan berkat penemuannya ini banyak pesawat yang sudah tidak khawatir apabila terbang disuatu ketinggian dengan arus angin yang kencang karena Teory dari Habibie ini mampu mengatasinya.

4. Mesin Bing Bang

Mesin bing bang ialah mesin yang dipakai dan sangat disukai oleh pembalap asal Italia yakni Valentino rosi. mesin ini ditemukan oleh orang Indonesia yang bernama Michael Iskandar a,k,a Om Chia. Sejak tahun 1949, om chia menjadi pembalap tim suzuki. loyalitasnya membawa keberuntungan yang menghasilkan kepercayaan dan hasil yang memuaskan. Hingga pada akhirnya tahun 60-an berputar haluan menjadi seorang mekanik. Sejak saat itulah karirnya terus meningkat dan terus berkreasi sesuai iklim balap Indonesia dan mengawal berbagai pembalap Suzuki di tahun 1949, kemudian menjadi tim riset balap motor Suzuki pada tahun 1963 juga suksesnya balap motor di Indonesia tak terlepas dari perannya.

5. Sistem Telekomunikasi 4G

Penemunya ialah Prof. Dr. Khoirul Anwar yang merupakan pemilik paten sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) seorang yang berkewarganegaraan Indonesia yang sekarang bekerja di Nara Institute of Science and Technologi Jepang. Prof. Kahiul merupakan lulusan dari ITB dengan cum laude pada tahun 2000 dan meraih gelar Master dan Doktor di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) pada tahun 2005 dan 2008. Ia menerima IEEE Best Student Paper award of IEEE radio and Wireles Symposium pada tahun 2006, California, USA.

6. Kompor tenaga Surya

Penemunya ialah pak Minto seorang guru di SD Negeri Prambon Kabupaten Madiun Jawa Timur, memikirkan pembuatan kompor tenaga surya. Pengilhaman dalam pembuatan kompor ini didapat berkat pengetahuannya mengenai sifat lensa dan penyerapannya terhadap panas yang membuatnya mencoba mengembangkan dan mengaplikasikannya. Akhirnya terciptalah kompor tenaga surya ini. Kompor tenaga surya.

Banyak anak negeri lainnya yang hasil penemuanya dipakai dan diakui dunia antara lain:

7. Adi rahman Adiwoso penemu Tekhnologi baru dalam telepon bergerak berbasis satelit.

8. Alexander Kawilarang, penemu kapal ikan bersirip.

9. Andrias Wiji Setio Pamuji, Penemu reaktor biogas.

10. Aryadi wiji, penemu bahan pendingin yang hemat energi.

11. Ayub S. Pranata, penemu bakteri kompos organik.

12. Budi Noviantoro, penemu klip penambat bantalan kereta api dengan dua gigi.

13. Dani Hilman Natawijaya, penemu indikator alam (trumbu karang) terhadap gempa.

14. Djuanda Suratmaja, Penemu beton polimer yang ramah lingkungan.

15. Sutjipto dan ryantori penemu konstruksi pondasi sarang laba-laba.

dan masih banyak lagi hasil karya anak Indonesia yang diakui dunia yang tidak bisa disebutkan secara gamblang pada kesempatan ini. Intinya adalah Indonesia memiliki kualitas dan kecerdasan yang luar biasa. Apabila dimanfaatkan dan dikembangkan tak heran Indonesia menjadi negara super power. Maka dari itu, pemerintah hendaknya memfasilitasi dan lebih perhatian pada anak-anak Indonesia yang berprestasi. Jangan jadi negri konsumtif, jadilah negri produktif untuk meningktkan kesejahteraan bangsa. Berpijaklah pada jatidiri bangsa dan percayalah bahwa kita mampu bangkit menjadi negara yang tidak tergantung dengan negara lain, jadikan Indonesia negara yang menjadi ketergantungan bagi negara lain.

6 Responses to "Penemuan orang Indonesia yang diakui dunia"

  1. wah luar biasa anak indonesia. penemuannya dikenal dunia.

    ReplyDelete
  2. Ternyata orang Indonesia kaga mau kalah jua ya..hehee

    ReplyDelete
  3. Pastinya harus bangga menjadi orang Indonesia mbak Wiandra.. kalau tidak bangga lalu siapa lagi yang menjaga tanah leluhur tercinta ini.

    ReplyDelete
  4. Benar bang Syah, potensi anak Negeri yang pastinya membanggakan kita. Mari berkarya bang. Semangat.haha

    ReplyDelete
  5. Wah keren gan,
    semoga banyak orang Indonesia yang penemuanya diakui.. aslinya tuh kalau mau digali banyak ya orang Indonesia yang mengharumkan nama bangsa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali gan, banyak org Indonesia yang punya bakat dan penemuan2 kreatif tp g ada perhatian dr pemerintah..

      Delete

Terimakasih sudah bersedia berkunjung. Semoga bermanfaat. Silahkan tulis komentar anda di papan komentar. Komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan artikel-artikel selanjutnya.