Fungsi Komunikatif Bahasa

Bagaimana cara bahasa itu digunakan untuk berkomunikasi merupakan fungsi komunikatif bahasa. Bahasa memerankan perannya sebagai penghubung, pengantar dan perantara dalam meularkan informasi kepada seseorang bahkan pada suatu kelompok tertentu. Manusia yang berbudaya pasti memiliki bahasa, karena bahasa mencerminkan dan menggambarkan kebudayaan penuturnya.

Fungsi komunikatif bahasa dapat kita identifikasi menjadi 11 (sebelas) macam. Namun, tidak menutut kemungkinan fungsi komunikatif bahasa dapat bertambah berdasarkan pendeskripsiannya yakni pemakaian bahasa. Fungsi komunikatif bahasa juga disebut dengan fungsi mikro yakni fungsi bahasa yang secara spesifik digunakan dalam kegiatan komunikasi. Baiklah, berikut fungsi-fungsi komunikatif bahasa.

1. Fungsi Informatif
Maksudnya adalah bahwa bahasa dapat digunakan sebagai penyampai informasi kepada orang lain atau satuan orang yang lebih besar bisa jadi masyarakat bahkan suatu negara, pastinya kepada pendengar maupun kepada pembaca. Informasi tersebut berupa pikiran maupun perasaan yang ada dalam diri seseorsng. Adapun subfungsi dari fungsi informatif yakni 1) untuk menjelaskan, 2) untuk membuat rincian, 3) untuk beralih topik, 4) untuk mengidentifikasi, 5) untuk menghubungkan dan menggarisbawahi, 6) untuk menghubungkan secara analogi, dan sebagainya.

2. Fungsi Transaksional
Memiliki maksud, bahwa bahasa dipakai untuk mengadakan suatu hubungan antar seseorang dengan orang lain. sebagai contoh dari fungsi transaksional ini adalah ketika kita akan saling bertemu, akan salaing berkomunikasi, maupun mau saling membantu. di sini ada fungsi komunikatif bahasa yakni fungsi transaksional.

3. Fungsi Interaksional
Maksudnya adalah, bahasa dapat digunakan untuk saling berhubungan satu dengan yang lainnya dalam segala keperluan. Kita tentunya mengetahui bahwa kita tidak mungkin hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain, yang sering disebut makhluk sosial yang memiliki kebutuhn uhntuk selalu menjalin komunikasi dan hubungan dalam semua keperluan. Contoh yang pasti saat seseorang membicarakan masalah pekerjaan, masalah-masalah kekehidupan yang berhubungan dengan kemasyarakatan atau kehidupan sosial lainnya.

4. Fungsi Komisif
Fungsi komisif memiliki maksud bahwa bahasa dapat difungsikan dan digunakan untuk menyatakan sanggup tidaknya mengenai sesuatu dengan orang lain. Misalnya, kesanggupan untuk menjaga keamanan lingkungan, sanggup untuk datang dalam acara tertentu, tidak sanggup untuk memberikan bantuan kepada orang lain, tidak sanggup untuk mengikuti kegiatan kemasyarakatan dan lainnya. seperti halnya fungsi informatif, fungsi komisif juga memiliki subfungsi komisif yakni 1) untuk menolak secara langsung, 2) untuk menolak secara tidak langsung, 3) untuk menyatakan kesanggupan, 4) untuk menyatakan ketidak sanggupan, 5) untuk menyatakan persetujuan dan lainnya.

5. Fungsi Direktif
Fungsi direktif memiliki maksud bahasa dapat digunakan dalam menyampaikan saran, permintaan, membujuk, meyakinkan orang lain dan sebagainya. Sebagai contoh, apabila kamu mau bekerja di Perusahaan Maju Mundur kamu akan aku angkat sebagai menejer untuk memimpin perusahaan tersebut (bujukan), dengan bukti dari guru yang bersangkutan nilai siswa A dinyatakan tidak layak lulus karena bukti ini telah menunjukan siswa A mencontek (meyakinkan orang lain). adapun subfokus dari fungsi direktif yaitu 1) untuk meyakinkan, 2) untuk memberi kritik, 3) untuk mengharapkan sesuatu, 4) untuk membujuk, 5) untuk memberi saran, 6) untuk memerintah secara tidak langsung.

6. Fungsi Konatif
 Fungsi ini memiliki maksud bahwa bahasa dapat digunakan untuk mencairkan pembicaraan antara penutur dengan mitra tutur. Sebagai contoh, "Hai apa kabar, katanya sekarang kamu sudah diangkat menjadi pegawai negeri yah?. Subfokus dari fungsi konatif ini yaitu 1) menanyakan kondisi mitra tutur, 2) untuk menyapa pada saat berpapasan dengan mitra tutur, dal lain sebagainnya.

7. Fungsi Ekspresif
Fungsi ini memiliki maksud bahwa bahasa dpat digunakan untuk mengungkapkan perasaan, masalah pribadi, berbicara dari hati ke hati, suasana hati, berbicara dalam hati. Misalnya, "Sekarang saya kok jadi gampang lupaan ya mas?, apa karena saya terlalu banyak fikiran? padahal umur saya baru 23 tahun". Sub fungsi dari fungsi ekspresif ini adalah 1)untuk mengungkapkan kekecewaan, 2) menyatakan pengalaman pribadi, 3) menyatakan pendapat pribadi, 4) untuk menyatakan sikap pribadi.

8. Fungsi Regulatory
Fungsi regulatory adalah bahwa bahasa dapat digunakan untuk mengontrol suatu peristiwa. Misalnya "Sebagai seorang pejabat yang bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat, tidak boleh melakukan pencitraan, karena hal tersebut membodohi rakyat".

9. Fungsi Heuristik
Maksud dari fungsi heuristik adalah bahasa dapat digunakan untuk mengenali lingkungan seperti anak kecil ingin mengenali sesuatu yang belum dikenal sebelumnya. nSebagai contoh "Tadi itu orang mana Mas?", "Apa yang Anda maksud dengan Hegemoni di bumi ini gagal?".

10. Fungsi Instrumental
Maksudnya adalah, bahasadapat digunakan untuk memanipulasi lingkungan sehingga terjadi suatu peristiwa. Misalnya, "Campurkanlah pupuk kandang dengan pupuk kimia kemudian masukan dedaunan hijau, lalu tutuplah rapat-rapat dan tunggu kira-kira tiga minggu pasti akan menjadi pupuk kompos".

11. Fungsi Imajinatif 
Maksudnya yaitu bahwa bahasa dapat digunakan untuk menciptakan ide-ide yang bersifat imajiner dan mengandung keindahan. Misalnya untuk menulis cerpen, novel, puisi dan lain sebagainya.

Demikian mengenai fungsi komunikatif dari bahasa, meskipun fungsi ini dapat bertambah lagi namun pada umumnya fungsi komunikatif bahasa yang dapat diidentifikasi baru 11 (sebelas) poin. Semoga dengan bertambahnya kemajuan bahasa dan pemikiran para ahli bahasa dan ilmu pengetahuan akan menambah fungsi komunikatif bahasa menjadi lebih kompleks.

Salam Guru Ngapak!

Silahkan masukan e-mail Anda sekarang, untuk mendapatkan update artikel terbaru (Gratis!):

Delivered by FeedBurner

8 Responses to "Fungsi Komunikatif Bahasa"

  1. Hmm ternyata banyak juga ya fungsinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, kadang kita tak menyadari bahwa bahasa memerankan peran yang begitu penting bagi kehidupan lita sehari-hari kang..

      Delete
  2. Ini harus sesuai EYD ya?

    cc : Moviendofilm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyangkut mengenai fungsi informatif intinya gunakan bahasa yang baik dan benar mas, sesuai dengan situasi dan siapa lawan bicara kita.

      Delete
  3. Pelajaran indonesia banngett nih ya mas.
    jd inget guru bahasa indonesia dulu..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mbak, karena fokus dari blog ini adalah Bahasa Indonesia, hehe semoga diberikan kesehatan dan umur yang panjang untuk guru-guru kita yang sudah banyak memberikan ilmu bagi kita semua ya mbak, aamiin,

      Delete
  4. Tulisan ini tepat sekali untuk saya yang sedang berusaha berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Utamanya dalam bahasa tulis. Terima kasih, ya, Mas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mas, semoga bermanfaat untuk kedepannya, dalam menyusun kosa kata dan penulisan lainnya, sama-sama mas Irham. :)

      Delete

Terimakasih sudah bersedia berkunjung. Semoga bermanfaat. Silahkan tulis komentar anda di papan komentar. Komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan artikel-artikel selanjutnya.