Bahasa Indonesia bukan bahasa sampah kawan!

Hey kamu!! Siapa bilang bahasa indonesia itu bahasa sampah!! Tanpa bahasa tak mungkinlah kau pintar, tak mungkinlah kau bisa membaca dan menulis. Bahasa Indonesia bukan sampah, namun bahasa kebanggaan orang Indonesia.

Banyak yang mengakui dan mengagumi bahasa Indonesia. Jadi jangan anggap remeh bahasa Indonesia. Tanpa bahasa Indonesia apakah kau bisa menguasai bahasa Inggris? Tanpa bahasa Indonesia apakah kau bisa menguasai matematika, sejarah, geografi, biologi, fisika, jadi jangan congaklah kau punya fikiran.

Tanpa bahasa Indonesia apakah kau juga bisa maju seperti sekarang? Sukses seperti sekarang? Jangan anggap remeh bahasa Indonesia.


Tanpa bahasa Indonesia apakah kalian bisa menyatukan perbedaan ini. Indonesia yang kaya akan perbedaan dari Sabang sampai Merauke kau mau menyatukan dengan apa? Dengan rumput yang bergoyang?? Atau dengan banting saja gelasnya biar gaduh dan ramai.

Hey! kita ini bangsa yang besar, bangsa yang sepatutnya menjunjung tinggi bahasa, kebudayaan, adat istiadat tanah air Indonesia, bukan menjunjung bahasa Korea, kebudayaan Jepang atau hafal dan fasih bahasa Inggris tapi sayang kurang mengerti seluk beluk bahasa Indonesia.

Boleh kita memuja-muja bahasa Inggris, menyukai film drama Korea, mengagumi kebudayaan Jepang, tapi hargai dan junjung tinggi dulu apa yang kita miliki.

Indonesia ini kaya bro! Kaya akan bahasanya, kaya akan kebudayaannya, kaya akan adat istiadatnya, jadi kenapa kita tak menunjukan pada dunia bahwa Indonesia juga memiliki kekayaan yang berlimpah.

Bahasa Indonesia mendunia kawan, bahasa Indonesia itu hebat, dunia mengakuinya tak jarang Rusia, Amerika, Jepang, Mesir, Vietnam, Australia dan negara lain mendirikan pusat bahasa Indonesia dan mengajarkan bahasa Indoneaia di negaranya. Karena apa, karena mereka tahu bahwa bahasa Indonesia itu berkelas, bahasa Indonesia itu memiliki kedudukan penting bagi mereka.

Mereka saja mau belajar bahasa Indonesia, kenapa kita yang notabene yang mbaurekso tidak nguri-uri bahasa Indonesia, tidak belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Apakah kalian malu lahir dan besar di bumi nusantara ini, sehingga kalian menganggap remeh bahasa persatuan dan bahasa nasional? Atau kalian ingin melihat zambrut katulistiwa ini mulai terkikis oleh goresan cakar kaum tak berjiwa nasional. Jangan ciderai bahasa persatuan.

Jika kalian peduli mari gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tunjukan pada dunia bahwa bahasa Indonesia mencerminkan identitas bangsa yang besar dan patut dibanggakan. Biarkan merah putih berkibar gagah dan tak goyah tertiup badai. Bangsa Indonesia memiliki bahasa kebanggaan yang mengucurkan kobaran semangat untuk terus berjuang mengaharumkan nama Indonesia.

Berjayalah bahasa Indonesia! Mari membahasakan dunia dengan Bahasa Indonesia. Kita bangga memakai bahasa Indonesia.


Salam guru ngapak! 

Baca juga:
Kehebatan bahasa Indonesia di mata dunia

Silahkan masukan e-mail Anda sekarang, untuk mendapatkan update artikel terbaru (Gratis!):

Delivered by FeedBurner

5 Responses to "Bahasa Indonesia bukan bahasa sampah kawan!"

  1. Benar sekali bapak, kita patut berbangga memiliki bahasa yang mencerminkan karakter bangasa..

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sudah sepatutnya sebagai bangsa indonesia harus bangga dengan jatidiri bangsa.

    ReplyDelete
  3. Kebanggaan bukanlah kewajiban. Jadi, bahwa bangga berbahasa Indonesia tetap berarti walau mungkin tak banyak yang mengikuti karena memang tidak wajib diperbanyak. Kebanggaan lebih merupakan hak.

    Saya turut berbangga mengetahui ada Mas Heri yang masih bangga berbahasa Indonesia. Pasti kebanggaan ini hadir karena hak Mas Heri. Hak yang saya pikir hanya disadari oleh penikmat keindahan, manfaat, dan keutamaan yang terkandung dalam bahasa Indonesia.

    Terima kasih Mas Heri. Saya jadi yakin untuk terus bangga berbahasa Indonesia.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah bersedia berkunjung. Semoga bermanfaat. Silahkan tulis komentar anda di papan komentar. Komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan artikel-artikel selanjutnya.