Pengembangan Bahan Ajar "Gugurnya Gatotkaca"

Sebagai seorang pendidik hal yang perlu dilakukan sebagai penunjang keberhasilan dalam pencapaian tujuan pembelajaran adalah dengan mengembangkan bahan ajar. Pengembangan bahan ajar sangat bermanfaat untuk membantu proses belajar mengajar lebih menarik, mengurangi ketergantungan dengan guru, dan mempermudah mempelajari materi pembelajaran yang diajarkan. Selain itu manfaat bagi guru sendiri dalam mengembangkan bahan ajar yakni:

  • Memperoleh bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum dan sesuai dengan peserta didik.
  • Tidak ketergantungan dengan buku teks.
  • Menambah khasanah dan pengetahuan guru dalam mwnyusun bahan ajar yang menarik bagi peserta didik.
  • Membangun komunikasi pembelajaran yang efektif antara guru dan peserta didik.
  • Menambah angka kredit apabila dikumpulkan dan dijadikan buku.

Dalam proses pembelajaran, saya sendiri pernah mengembagkan bahan ajar sesuai dengan materi pembelajaran yang waktu itu pernah saya ajarkan yakni pada kelas 3 SD mata pelajaran Bahasa Indonesia mengenai cerita. Karena dahulu saya adalah seorang guru sekolah dasar tentunya pengembangan bahan ajar juga berpedoman pada silabus untuk kelas 3 SD. Langsung saja ini bahan ajar yang pernah saya buat. Judulnya adalah Gugurnya Gatotkaca.


Gambar di atas merupakan penampakan untuk cover bahan ajarnya. Kemudian gambar berikutnya adalah kata pengantar.

Namun, yang tak kalah penting dan jangan sampai terlupakan adalah bagaimana bahan ajar ini mengandung latihan bagi peserta didik agar peserta mengukur seberapa kemampuan dalam memahami materi pembelajaran.


Nah dalam membuatnya kita bisa menggunakan Ms.Word untuk merancang bahan ajar yang menarik. Demikian mengenai pengembangan bahan ajar. Semoga dapat menginspirasi dalam proses pembelajaran. Jangan lupa untuk versi bahan ajar lengkapnya silahkan download pada tulisan download pdf dibawah ini.

0 Response to "Pengembangan Bahan Ajar "Gugurnya Gatotkaca""

Post a Comment

Terimakasih sudah bersedia berkunjung. Semoga bermanfaat. Silahkan tulis komentar anda di papan komentar. Komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan artikel-artikel selanjutnya.