Manfaat Sastra dalam Dunia Pendidikan

Sastra adalah sebuah karya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dikatakan demikian karena manusia hidup di dunia memerlukan banyak kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan itu manusia berpikir dan mencipta. Kebutuhan hidup dapat dikelompokan menjadi dua bagian besar, yakni kebutuhan kebendaan dan kebutuhan kerohanian.


Sastra merupakan bagian dari kesenian yang dapat memberikan kesenangan, hiburan, kebahagiaan pada manusia. Manusia selalu ingin menikmati kebahagiaan, Maka manusia berusaha mewujudkan keindahan dalam suatu bentuk, seperti seni tari (keindahan gerak tubuh manusia), seni rupa (keindahan susunan dan bentuk benda), seni sastra (keindahan susunan bahasa), dan masih banhak lagi.

Sastra bertolak belakang dengan karangan ilmiah dilihat dari pendekatanya karena sastra lebih menonjolkan perasaan penulis. Sastra berhubungan dengan ekspresi dan penciptaan. Jiwa dari sastra adalah pikiran, pengalaman manusia dan perasaan.

Sastra adalah seni, bukan ilmu pengetahuan. Sastra memerlukan gambaran yang sedikit mungkin tetapi memiliki arti yang sangat luas. Sedangkan ilmu menuturkan uraian yang begitu panjang untuk menjelaskan arti yang kecil. Jadi, mengapa sastra diajarkan disetiap jenjang pendidikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tentunya sastra memiliki manfaat yang menjadi alasan kenapa sastra diajarkan di dunia pendidikan. Manfaat sastra yaitu:

1. Sastra menunjukan kebenaran hidup

Sastra dihargai, karena berguna bagi hidup manusia. Sebuah karya sastra tidak dapat digolongkan sebagai karya sastra apabila karya tersebut menuturkan pengalaman uang dapat menyesatkan kehidupan manusia. Dari sastra orang akan belajar banyak mengenai pengalaman hiduo, persoalan, Dan bagaimana menghadapinya.

Kondisi seperti ini dapat dijadikan untuk menanamkan pendidikan kepada anak-anak mengenai hidup yang sesungguhnya. Ada masa tenang, damai, masa anak-anak, dewasa, orangtua dan lainnya dwngan aneka peran, tugas, tanggung jawab. Dengan sastra manusia akan mengerti manusia lain.

2. Sastra untuk memperkaya rohani

Melalui sastra pembaca dapat memperoleh hiburan dan kesenangan. Jika hanya mencari kesenangan maka pembaca tersebut bukanlah pembaca yang baik. Dalam membaca sastra kita hendaknya menikmati jalannya cerita, pelukisan watak, mempertimbangkan, mencari kebenaran yang ada didalamnya dan juga ikut aktif mencari makna yang ada. Maka pembaca memperoleh kekayaan rohani yang dapat memperkuat jiwanya. Jiwa akan kuat jika diisi dengan kekayaan rohani yakni salahsatunya diperoleh melalui karya sastra.

3. Sastra melampaui batas bangsa dan zaman

Karya sastra Mahabarata dan Ramayana menceritakan kejadian beberapa ratua tahun yang lalu. Cerita tersebut masih tetap hidup dalam sampai sekarang. Hal ini berarti melampaui batas zaman. Cerita ini digemari manusia karena berisi pengalaman hidup yang mendasar yang masih terjadi sampai saat ini, seperti kesetiaan dan penghianatan, perang saudara, orang tua yang tidak mengakui anak dan lain sebagainnya.

4. Dengan sastra dapat memiliki santun berbahasa

Sastra kaya dengan kata-kata yang tersusun secara tepat dan mempesoa. Seseorang dapat belajar tatakrama bahasa dari pengungkapan kata-kata sastrawan. Sebagai seorang pendidik dan terpelajar sudah semestinya mampu berbicara, menulis dengan menggunakan bahasa yang baik dan berterima. Jadi bahasa sastra dapat digunakan sebagai alat untuk menarik hati para pendengar sesuai dengan keperluan.

5. Sastra dapat menjadikan manusia berbudaya

Manusia yang berbudaya adalah manusia yang cepat tanggap terhadap segala hal yang luhur dan indah dalam hidup ini. Dalam karya seni dan budaya terkandung gagasan tentang kebenaran, kebaikan, dan keindahan.

Kebiasaan manusia bergaul dengan kebenaran, keindahan dan kebaikan yang terdapat dalam seni atau sastra, akan memberikan pengaruh pada tingkah laku sehari-hari, yang akan berdampak pada tingkah laku yang sederhana, berbudi luhur dan disiplin.

Demikian manfaat sastra dalam dunia pendidikan. Begitu besar perannya dalam kemajuan peserta didik. Maka dari itu sastra diajarkan di setiap jenjang pendidikan dengan sarana mata pelajaran Bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Salam Guru Ngapak.


Sumber:

M.S Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia; Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Silahkan masukan e-mail Anda sekarang, untuk mendapatkan update artikel terbaru (Gratis!):

Delivered by FeedBurner

0 Response to "Manfaat Sastra dalam Dunia Pendidikan"

Post a Comment

Terimakasih sudah bersedia berkunjung. Semoga bermanfaat. Silahkan tulis komentar anda di papan komentar. Komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan artikel-artikel selanjutnya.