UNSUR INTRINSIK NOVEL


Artikel kali ini akan membahas mengenai unsur intrinsik novel. Novel merupakan sebuah karya sastra yang berbentuk prosa. Prosa terdiri dari prosa lama dan prosa baru. Bentuk prosa baru yang nantinya akan kita bahas, adapun bentuk dari prosa baru yakni novel, roman, cepren, riwayat, kritik, resensi dan esai. 

Namun, tidak semua bentuk prosa baru akan saya bahas disini, spesifiknya akan dibahas bentuk prosa baru yakni novel. Novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang biasanya ditulis naratif dalam bentuk cerita. Novel lebih pendek dari roman dan lebih panjang dari cerpen.

Novel memiliki unsur pembangun didalamnya,  unsur pembangun yang membentuk sebuah totalitas. Unsur pembangun ini disebut unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik inilah yang menjadi fokus pada artikel ini. 

Unsur intrinsik menyebabkan suatu teks hadir sebagai teks sastra, unsur yang secara faktual akan dijumpai jika membaca sebuah karya sastra. Adapun unsur intrinsik novel ialah:
1. Tema
2. Amanat
3. Tokoh
4. Alur atau Plot
5. Latar
6. Sudut Pandang
7. Gaya Bahasa

Kita akan bahas satu per satu unsur intrinsik yang terdapat pada sebuah novel. Tujuh unsur tersebut yang membangun sebuah novel. Penting sekali unsur intrinsik novel, tanpa unsur tersebut novel tidak akan terbangun sebagai suatu cerita. Cermatilah unsur intrinsik novel berikut.

1. Tema
     Tema adalah topik cerita atau hal yang dibicarakan dalam sebuah novel. Tema mendasari penulisan dalam sebuah novel. Tanpa tema sebuah novel menjadi tidak terarah, penulisannya atau ceritanya melebar kemana-mana. Dengan tema novel bisa dikendalikan topiknya.

2. Amanat
     Amanat adalah pesan yang terkandung dalam sebuah novel, atau pelajaran yang dapat diambil dari cerita. Amanat dapat diambil dari kisahnya, temanya dan perwatakan tokoh.

3. Tokoh
     Tokoh adalah gambaran seseorang yang ditampilkan dalam suatu cerita. Tokoh merujuk pada seseorang, pelaku cerita.

4. Alur atau Plot
     Alur atau Plot merupakan unsur fiksi yang penting. Dengan adanya plot yang jelas suatu novel akan mudah untuk dimengerti. Plot atau alur adalah urutan kejadian yang saling berhubungan. Peristiwa satu disebabkan atau mrnyebabkan peristiwa lain.

5. Latar
     Latar merujuk pada pengertian tempat, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar memberikan pijakan cerita secara konkret dan jelas. Hal ini untuk memberikan kesan realiatis kepada pembaca, dan menciptakan suasana tertentu yang seolah-olah sungguh ada dan terjadi.

6. Sudut Pandang
     Sudut pandang atau point of view merujuk pada cara sebuah cerita dikisahkan. Hal ini merupakan cara dan atau pandangan yang dipergunakan pengarang sebagai sarana untuk menyajikan cerita dalam sebuah karya terhadap pembacanya.

7. Gaya Bahasa
    Gaya bahasa adalah diksi atau pilihan kata yang digunakan pengarang dalam menulis sebuah novel. Gaya bahasa yang kebanyakan dipakai adalah majas-maajas dan lain sebagainya.

Dengan memahami unsur intrinsik novel tersebut, kita bisa menganalisis sebuah novel mengenai unsur-unsur intrinsik yang terkandung pada sebuah novel. Akan tetapi kita pastinya harus membaca dengan cermat novel yang akan kita analisis, kemudian pahami apa isi dari novel yang kita baca baru kita bisa mengerti unsur-insur intrinsik yang ada pada novel yang kita baca.

     Selamat mencoba menganalisis, dan semoga bermanfaat. Baca juga unsur ekstrinsik novel.

Salam Guru Ngapak.

Silahkan masukan e-mail Anda sekarang, untuk mendapatkan update artikel terbaru (Gratis!):

Delivered by FeedBurner

0 Response to "UNSUR INTRINSIK NOVEL"

Post a Comment

Terimakasih sudah bersedia berkunjung. Semoga bermanfaat. Silahkan tulis komentar anda di papan komentar. Komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan artikel-artikel selanjutnya.