Syarat Paragraf

Postingan kali ini akan dibahas mengenai paragraf. Setelah pada postingan yang lalu dibahas mengenai jenis dan ciri karangan. Tanpa adanya paragraf, pengarang akan sulit untuk mengekspresikan keseluruhan gagasan secara utuh, lengkap, menyatu dan sempurna, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami isi dari sebuah karangan.
 

Tentunya kita telah mengetahui arti dari paragraf. Paragraf didefinisikan sebagai karangan mini. Disebut karangan mini karena semua unsur yang ada pada karangan terdapat juga dalam paragraf. Dapat juga diartikan bahwa paragraf adalah bagian karangan yang terdiri dari beberapa kalimat yang menginformasikan sesuatu dengan satu kalimat utama sebagai inti dari paragraf dan kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas yang berfungsi menjelaskan kalimat utama dalam suatu paragraf.

Adapun ciri dari paragraf ialah:

1. Paragraf ditandai dengan menjoroknya penulisan ke kanan, biasanya lima ketukan untuk menandai paragraf baru. Paragraf yang tidak menjorok (block style), ditandai dengan jarak spasi yang merenggang, satu spasi lebih banyak dibandingkan dengan jarak spasi antar baris.

2. Terdapat gagasan utama yang dinyatakan dalam kalimat topik.

3. Paragraf hanya menggunakan satu kalimat topik dan selebihnya merupakan kalimat pengembang, untuk menjelaskan, menguraikan, dan menerangkan gagasan utama yang terdapat dalam kalimat topik.

4. Terdapat pikiran penjelas yang dinyatakan dengan kalimat penjelas. Pargraf hanya berisi satu kalimat topik dan beberapa kalimat penjelas

Ciri-ciri tersebut yang menandai suatu paragraf dan dapat kita temukan dalam suatu karangan. setelah kita mengetahui ciri paragraf tersebut kita dapat membuat paragraf yang baik dan tidak menyalahi aturan pembuatan paragraf berdasarkan ciri paragraf di atas. Selain ciri paragraf kita juga hendaknya mengetahui fungsi dari paragraf, supaya kita tahu bagaimana pengarang dapat mengekspresikan keseluruhan gagasan secara utuh, runtut, lengkap, menyatu dan sempurna sehingga dapat dipahami oleh pembaca.

Paragraf menempati fungsi strategis yakni dijadikan jembatan untuk menghubungkan gagasan penulis kepada pembaca. Fungsi paragraf yakni:

1. Mengekspresikan gagasan tertulis.

2. Menandai pergantian gagasan baru bagi karangan yang terdiri dari beberapa paragraf.

3.Memudahkan pengorganisasian gagasan bagi penulis sehingga pembaca mudah memahaninya.

4. Memudahkan mengembangkan topik karangan.

5. Memudahkan pengendalian variabel untuk karangan yang terdiri dari beberapa variabel.

Fungsi paragraf tersebut menandakan bahwa paragraf mwnempati fungai yang penting dalam karangan. Untuk mewujudkan suatu karangan yang baik tentunya ada syarat-syarat suatu paragraf. Syarat ini yang nantinya dapat menjadikan karangan lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca.

Syarat paragraf yang baik, yaitu:

1. Kesatuan paragraf

Sebuah paragraf harus terdapat satu ide pokok atau pikiran, tidak mungkin dalam satu paragraf terdapat beberapa ide atau pikiran. Pikiran atau ide pokok tersebut yang selanjutnya harus dijabarkan melalui kalimat penjelas secara rinci, jelas, dan tuntas. Jadi kesatuan paragraf atau kesatuan pikiran menjadi sangat penting untuk menjadikan sebuah paragraf yang efektif dan memiliki makna yang padu.

2. Kepaduan

Kepaduan ditandai dengan kelogisan kalimat-kalimat yang dibangun dan saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Hubungan kalimat ini yang mengantarkan paragraf menjadi padu, utuh dan kompak. Kepaduan ini dapat dibangun melalui pengulangan kata kunci.

3. Ketuntasan

Ketuntasan ialah kesempurnaan dalam menguraikan suatu paragraf berdasarkan ide atau pokok pikiran. Panjang pendeknya suatu paragraf tidak dapat digunakan sebagai acuan ketuntasan penjabaran ide pokok. Acuannya adalah penjabaran yang serinci-rincinya tentang penjelasan ide pokok.

4. Keruntutan

Keruntutan adalah penyusunan urutan gagasan dalam karangan. Gagasan demi gagasan disajikan secara runtut. Karangan yang runtut akan enak dibaca, dipahami dengan mudah, dan menyenangkan pembacanya.

Demikian hal-hal penting yang dapat dibahas mengenai syarat paragraf. Semoga postingan ini bermanfaat, serta menjadikan wawasan dan pengetahuan kita bertambah mengenai paragraf.

Salam Guru Ngapak.

Silahkan masukan e-mail Anda sekarang, untuk mendapatkan update artikel terbaru (Gratis!):

Delivered by FeedBurner

0 Response to "Syarat Paragraf"

Post a Comment

Terimakasih sudah bersedia berkunjung. Semoga bermanfaat. Silahkan tulis komentar anda di papan komentar. Komentar anda sangat bermanfaat untuk kemajuan artikel-artikel selanjutnya.